Saturday, July 25, 2009

KADO ISTIMEWA UNTUK HMPL-ITS

Kado, identik sebagai bentuk rasa syukur yang diberikan seseorang kepada orang yang dicintainya. Bukan sekedar hanya memberi. Tentu ada yang istemewa. Begitu pula ada yang istemewa pada tanggal 13 Maret 2009 ini. Ya. Tepat telah genap berusia lima tahun HMPL. Atas perjuangan keras para pendahulu kita -PL 01- sehingga lahir HMPL di jajaran ormawa ITS. 
Menilik sejarah pertumbuhan hidup manusia, usia empat tahun baru menginjak masa merangkak, masih cengeng dan selalu merepotkan kedua orang tua. Tidak dengan HMPL. Sebuah langkah fenomenal telah mampu ditunjukkannya, sebagai eksistensi dan jati diri yang turut menghantarkan dinamisasi dan masifitas ormawa ITS. HMPL telah mampu membuat gebrakan, breaking the wall, yang ditunjukkannya berakar dari pemahamannya akan keterbatasan yang dimilikinya kemudian mendobraknya dengan keyakinan bahwa segala sesuatu di dunia ini tidak ada yang mustahil. Usia bukan merupakan sangkar yang selalu menghalangi burung untuk terbang. Bukan pula tembok tinggi dan tebal yang sulit kita melaluinya. 
Pergantian siang dan malam selalu setia menemani jalan panjang HMPL. Goresan-goresan peristiwa menyatu padu membantuk ukiran sejarah HMPL. HMJ yang notabene eksekutif jurusan merupakan wadah aspiratif dan koordinatif mahasiswa jurusan (Mubes 3. red). Mengacu Anggaran Dasar HMPL, tujuan luhur dibentuknya HMPL sebagai wadah pengembangan potensi mahasiswa yang aspiratif, partisipatif, dan demokratis dengan menjunjung tinggi nilai kekeluargaan dalam rangka pembangunan manusia Indonesia. Kalau boleh menyimpulkan, HMPL merupakan wadah perserikatan, pertautan hati, dan persaudaraan diantara kita semua. 
HMPL adalah jembatan diantara cita-cita yang menjulang dan kemampuan yang kita miliki. Kemampuan yang kita miliki merupakan realitas-realitas yang berakar pada cara kita berpikir. Pikiran adalah cermin besar yang memantulkan seluruh potret realitas kita secara apa adanya. Pikiran adalah space of possibility, dan realitas adalah space of action. Disinilah letak kebersamaan kita. Bagaimana kita meramu kemampuan masing-masing dari kita untuk mencapai tujuan besar HMPL. Dari sebuah kebersamaan akan lahir perubahan.

No comments:

Post a Comment